02/03/12

Langkah-langkah Memulai Sebuah Bisnis Online

bisnis online tips
Pertanyaan klasik yang paling sering dilontarkan oleh orang yang akan memulai sebuah bisnis online adalah darimana saya harus memulainya...? Apalagi saat ini, sangat banyak pilihan untuk menekuni bisnis di jagad maya ini. Kalau salah langkah, bukan untung yang didapat, tapi malah kerugian. Minimal rugi waktu. 

Nah, berdasarkan pengalaman dan sharing ilmu dari orang-orang yang sudah sukses menggeluti bisnis online. Untuk memulai sebuah bisnis online mereka ternyata pada awalnya adalah hanya mengembangkan hobi. Nah dari hobi inilah, selanjutnya dikembangkan lebih jauh menjadi ladang bisnis. Misalnya, ada blogger yang hobinya bikin desai gambar. Kemudian dia bikin blog yang berhubungan dengan hobinya tersebut. Pada akhirnya, blog tersebut jadi ladang bisnis, untuk urusan jasa desain grafis. 

Ada lagi, blogger yang hobinya nulis buku harian. Semua tulisannya di blog adalah tentang cerita sehari-hari kehidupan blogger tersebut. Nah, setelah dikumpulkan akhirnya cerita tersebut bisa jadi sebuah buku. Contoh kasus seperti ini adalah Raditya Dika yang bikin buku dari hasil kumpulan posting tulisannya di blog.

Jadi sebenarnya urusan memulai sebuah bisnis online sangatlah sederhana. Bisa diawali dari minat diri sendiri dulu. Dengan mencurahkannya melalui tulisan di sebuah situs web (blog). Selanjutnya biarkan semuanya berjalan secara alami. Yang paling penting tetap fokus. Dan perlahan-lahan, anda pasti akan bisa menemukan arah untuk menjadikan hobi anda sebagai ladang bisnis. 

Bagaimana menurut anda...?

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan posting komentar anda

◄ Newer Post Older Post ►

Posting Terbaru

 

Copyright 2011 Formula Bisnis Online Gratis | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger Toko Online