18/03/12

6 Tips Dasar Bisnis Online

tips bisnis online
Berikut ini adalah 6 tips dasar bisnis offline yang bisa anda terapkan pada bisnis online anda.

1. Pendahuluan/Perkenalan 
Perhatikan apa yang Anda katakan tentang apa yang Anda lakukan ketika Anda bertemu dengan orang yang baru anda kenal. Penting untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu dengan sejelas mungkin. Kemudian perhatikan respon orang ketika anda sudah memperkenalkan diri. Contohnya jka anda mengatakan "Saya adalah penulis", maka kebanyakan orang akan berpikir bahwa penulis adalah penulis novel dan bekerja dari rumah atau hal-hal semacamnya. Namun ketika anda memperkenalkan diri dengan mengatakan , "Saya memiliki bisnis yang menyediakan konten web, menulis, dan layanan editing." Saya yakin, orang yang anda ajak bicara akan merespon dengan cara berbeda, karena infomrasi yang diperolehnya juga lebih lengkap. Jadi perkenalkanlah bisnis anda dengan lengkap dan jelas serta mudah dipahami.



2. Teman dan keluarga 
Pastikan bahwa teman dan keluarga memahami bisnis Anda. Biasanya ini bisa menjadi tugas yang sulit. Kadang-kadang keluarga adalah orang-orang yang terakhir "mengerti" ketika misalnya melihat bagaimana seorang freelancer bisa menghasilkan uang. Namun, jika teman dan keluarga mendapatkan informasi dengan sangat jelas, maka ketika mereka bertemu seseorang dan menggambarkan pekerjaan Anda kepada mereka, maka deskripsinya akan akurat. Berapa kali Anda mendengar seseorang berkata bahwa mereka mendapat proyek dari se seorang, hanya karena ketika seorang teman anda menjelaskan bisnis anda kepada  "teman dari teman Anda". Inilah yang dinamakan referensi 

3. Kartu nama
 Bagi banyak orang memiliki sebuah kartu bisnis membuat bisnis anda tampak lebih sah. Bila Anda membuat sebuah kartu bisnis Anda harus pastikan untuk menyertakan nama, URL website Anda, e-mail, dan informasi kontak lain yang mungkin Anda miliki. Setelah Anda memiliki kartu nama, bagikan setiap kali Anda bertemu orang baru. Sampai saat ini kartu nama tetap menjadi cara yang cukup efektif untuk berpromosi. 

4. Iklankan
 klan tidak harus mahal. Anda bisa memasang iklan di halaman belakang bagian koran bisnis lokal Anda. Anda juga mungkin dapat menempatkan sebuah iklan di sebuah majalah lokal juga. Seringkali, tim olahraga dari sekolah lokal dan organisasi sipil mencari sponsor. Untuk sumbangan kecil, tim ini sering bersedia untuk menempatkan iklan untuk bisnis Anda dalam program mereka. Akhirnya, jangan lupa untuk mengeksplorasi kemungkinan menempatkan sebuah iklan dalam direktori telepon lokal Anda. 

5. Bergabunglah dengan sebuah grup 
Salah satu cara termudah untuk mempromosikan bisnis offline/online Anda adalah untuk menjadi bagian dari kelompok offline. Ini memperluas jaringan kontak. Kebanyakan kota memiliki organisasi berorientasi bisnis seperti Kamar Dagang lokal dimana Anda bisa bergabung. Namun, organisasi tidak perlu terkait dengan bisnis bagi Anda untuk terlibat di jaringan. Jika Anda memiliki hobi atau minat khusus lain, maka Anda dapat bergabung dengan kelompok yang berfokus pada kepentingan tertentu. Meskipun sesama anggota kelompok tidak mungkin pelanggan potensial, mereka mungkin tahu dari orang lain yang dapat menggunakan layanan Anda. 

6. Email Langsung 
Siapkan sebuah paket informatif untuk sekelompok kecil pasar (atau pelanggan) yang ditargetkan oleh usaha di daerah Anda yang dapat menggunakan jasa Anda. Personalisasi setiap paket dengan surat/email yang menjelaskan secara khusus bagaimana bisnis Anda dapat sangat membantu. Hubungilah pelanggan anda untuk memperoleh responnya.

Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan posting komentar anda

◄ Newer Post Older Post ►

Posting Terbaru

 

Copyright 2011 Formula Bisnis Online Gratis | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger Toko Online