16/04/09

Bikin Blog Pake Microsoft Word

Assalamualaikum
Rekan netter sekalian





Salah satu dari beberapa penyedia layanan untuk membuat blog secara gratis adalah Blogger.com sebuah situs web yang telah diambil alih oleh google. Anda tinggal mendaftar, panduan cara membuat blog ada pada artikel lain di blog ini.
Untuk pendaftaran , anda memang harus online. Tapi untuk menulis berita atau artikel, anda tidak perlu online agar dapat mengehemat biaya internet. Cara yang paling sederhana adalah dengan menulis dulu artikel atau berita blog anda di penyunting teks seperti Notepad atau Microsoft Word, secara offline tentunya. Jika sudah selesai, baru online dan login ke blog anda, lalu copy paste hasil tulisan anda tadi ke halaman postingan blogspot.


Cara seperti ini masih manual, ada cara otomatis yang lebih cepat dan mudah. Berikut ini penjelasannya.
Cara otomatis ini menggunakan Microsoft Word, eits…ini bukan sembarang Microsoft Word, Microsoft Word disini sudah dilengkapi dengan suatu add-on bernama Blogger For Word. Aplikasi tambahan gratisan ini bisa didapat disini. ukuran paket instalasinya sangat kecil, Kurang dari 2 MB.
Untuk cara pemakaiannya sangat mudah, setelah blogger for word selesai di install, toolbar Blogger akan muncul pada Microsoft Word. Kemudian, tuliskan isi blog seperti biasa dengan cara offline saja jangan online dulu. Setelah tulisan selesai dibuat baru nyalakan koneksi internet, lalu tulisan anda pun siap di terbitkan. Berikut ini langkah-langkah detailnya.

1. Klik [Add-ins] pada menu di sebelah atas. Opsi [Add-ins] sebaris dengan [Home],[Insert], [Page Layout], dll.
2. Klik [Blogger Settings], kemudian pada kotak yang muncul, masukkan username dan password untuk masuk ke Blogger. Klik [ok]
3. Ketik isi blog di dalam word. Kalau sudah selesai, silahkan online. Kemudian klik [Publish] .
4. Masukkan judul blog dan pilih blog yang akan berisi tulisan itu. Kik [Send]
5. Selesai.

Sebagai catatan, penulis memakai word 2007 saat membuat artikel ini. Untuk word 2003 setingan untuk bloggerforword terletak persis di bawah menu bar.


Semoga bermanfaat
Wassalam
HUGET

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan posting komentar anda

◄ Newer Post Older Post ►

Posting Terbaru

 

Copyright 2011 Formula Bisnis Online Gratis | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger Toko Online