20/02/12

Cara Setting FB Store Builder untuk Toko Online dengan Facebook

Seri Terakhir Membangun Toko Online dengan Facebook - Ini adalah tulisan terakhir dari seri Membangun Toko Online dengan facebook, namun sebelum melangkah pada pengaturan yang terakhir pada page toko online anda, saya akan menjelaskan mengenai cara kedua dengan memakai software FB Store Builder
Langkah yang pertama adalah dengan meng-klik software tersebut di folder di tempat anda menaruhnya untuk mengaktifkannya Seperti pada gambar ini.


setting FB Store Builder
Tampilan software tersebut setelah aktif akan Nampak seperti pada gambar di bawah ini:
setting FB Store Builder
Selanjutnya anda tinggal mengisi kolom yang disediakan. Untuk bagian type of store anda pilih Amazon store. Pada bagian Primary keyword anda bisa memilih kata kunci yang sesuai dengan kategori toko online pada page anda (misalnya, TV, TShirt, Chair, Accessories, dll). Untuk menentukan kategori ini anda bisa melakukan riset terlebih dahulu di situs amazon langsung, yaitu dengan mengetikkan beberapa kata kunci yang anda cari dan anda bisa menemukan di bagian mana kategori dari kata kunci tersebut, bagaimana stok barangnya, dll.
Pada bagian Amazon country anda berikan pilihan sesuai dengan pilihan Negara pada saat anda membuat akun di amazon. Untuk bagian amazon associates ID anda harus menuliskan sesuai dengan associate-ID anda sendiri (associate-ID kadang juga disebut referral-ID atau bisa juga tracking-id, biasanya dibelakangnya ada angka -20 misalnya tracking-20, dll). 


setting FB Store Builder
Sedangkan pada bagian amazon category anda bisa memilih kategori yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan sebelumnya (kategori ini bisa anda dapatkan dari hasil riset yang anda lakukan di situs amazon,com)


setting FB Store Builder
Selanjutnya setelah semua kolom isian terisi dengan benar anda klik Generate HTML Code. Di sini anda akan mendapatkan kode HTML yang kemudian bisa disalin dan dipindahkan ke dalam page facebook anda seperti pada gambar di bawah.


setting FB Store Builder
Tahap selanjutnya adalah memindahkan kode html tersebut ke bagian tab settings dari page facebook anda.
Masuklah ke tab settings pada page facebook anda. Lalu, anda klik bagian HTML dan masukkan kode yang anda dapatkan dari FB Store Builder tadi seperti contoh gambar di bawah. Kemudian klik Save Settings.
setting FB Store Builder
Apabila anda tidak memiliki software FB Store Builder ini, anda masih bisa mendapatkan kode HTML dari widget di akun affiliate amazon anda. Cara mendapatkan kode HTML ini bisa anda dapatkan DISINI. Atau di lain kesempatan akan saya tulis caranya di blog ini.
Untuk melihat hasil dari Tab Setings dengan menggunakan software tersebut anda bisa meng-klik view tab. Dan tampilan hasilnya kurang lebih akan seperti gambar di bawah ini:
setting FB Store Builder
Pada tahap ini anda sudah berhasil membuat toko online di page dengan menggunakan Software FB Store Builder.
Masih ada satu langkah lagi yang harus anda lakukan agar tampilan toko online anda bisa tampil di halaman beranda page, berikut langkahnya.
Masuk ke edit info --> manage permission dan anda akan dibawa ke halaman seperti tampilan pada gambar di bawah ini.
setting FB Store Builder
Selanjutnya pada default landing Tab, anda pilih nama tab (yaitu kata Welcome yang tadi sudah anda ganti dengan nama lain).
setting FB Store Builder
Selanjutnya klik Save Changes. Nah, dengan demikian setiap orang yang mengunjungi page anda akan selalu diarahkan ke halaman toko online. Untuk mengeceknya salin alamat page dan paste-kan ke web browser tapi dengan terlebih dahulu anda harus logout dari facebook.
Sampai di sini proses pembuatan toko online dengan mengintegrasikan amazon dan facebook sudah selesai.
Tugas anda selanjutnya adalah melakukan promosi terhadap toko online tersebut. Anda bisa mengiklankan alamat page yang berisi toko online tersebut ke beberapa situs iklan, baik yang gratis maupun yang berbayar. Atau bisa juga menaruh link pada postingan status di akun facebook anda. Terserah bagaimana menurut anda strategi pemasaran yang paling baik. Karena masing­-masing orang memiliki cara yang berbeda-beda.
Usahakan agar toko online anda mendapat pengunjung sebanyak-banyaknya. Karena berdasarkan statistik, hanya 1 dibanding 1000 pengunjung saja yang akan melakukan transaksi pada sebuah toko online. 

2 komentar:

Silakan posting komentar anda

◄ Newer Post Older Post ►

Posting Terbaru

 

Copyright 2011 Formula Bisnis Online Gratis | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger Toko Online