29/09/11

Step By Step Mendaftar Program Afiliasi Amazon

Masih melanjutkan Seri Tulisan Membangun Toko Online dengan Facebook terdahulu (Seri 3), berikut ini  saya bagikan lagi sambungan tulisan selanjutnya. Monggo Disimak...

Seri Lanjutan Membangun Toko Online dengan Facebook (Seri 4)
Salah satu syarat untuk membangun sebuah toko online adalah adanya produk yang akan dijual. Lalu, bagaimana jika tidak memiliki produk sendiri tapi tetap ingin memiliki toko online. Salah satu jawabannya adalah dengan memanfaatkan program afiliasi dari amazon.com.

Keuntungan dengan menjadi afiliator dari amazon ini adalah anda bisa menjual semua barang yang ada di toko amazon. Atau anda bisa memilih sendiri kategori barang yang ingin dijual di situs yang akan anda buat, disesuaikan dengan kategori situs yang diinginkan. Misalkan anda ingin membangun toko online yang hanya menjual kursi saja, maka anda bisa memilih kategori dimana kursi tersebut masuk di dalamnya. Atau dengan menggunakan beberapa tool software, anda cukup memanfaatkan kata kunci, misalnya anda ketikkan “chair” sebagai kata kunci, maka secara otomatis produk yang akan tampil pada situs anda akan disesuaikan dengan kata kunci yang sudah dimasukkan tersebut.
Nah, untuk bergabung menjadi afiliator dari amazon, anda bisa langsung menuju ke alamat situsnya yaitu di www.amazon.com. Selanjutnya setelah anda masuk ke halaman utama amazon.com, gulung layar sampai pada bagian bawah halaman tersebut dan cari tulisan Make Money with Us seperti gambar di bawah ini:
Kemudian klik See all.
Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman berikutnya, lalu, carilah tulisan AFFILIATE PROGRAM seperti pada gambar di bawah ini :
Kemudian anda klik Amazon Associates yang akan membawa anda ke halaman registrasi seperti berikut ini :

 

Pertama kali yang harus anda lakukan setelah masuk ke halaman associate program amazon adalah memilih Negara tempat situs amazon berada. Pada saat ini amazon memiliki beberapa cabang di beberapa Negara seperti yang tertera pada gambar di bawah. Untuk lebih mudahnya saya menyarankan anda untuk memilih Amerika (United Stated), karena pembeli terbanyak produk amazon adalah dari Negara Amerika selain kantor pusat amazon juga ada di Negara tersebut.


Karena anda adalah pengguna baru dan akan melakukan registrasi, maka anda klik tombol Join now for FREE! Seperti gambar di bawah ini :



Anda kemudian akan diarahkan ke halaman berikut ini :

Pada gambar di atas ada kolom alamat email (e-mail tidak harus gmail) yang wajib anda isi, yaitu kolom setelah tulisan My e-mail address is. Kemudian anda klik bagian I am a new customer, dan selanjutnya anda klik Sign in using our secure server untuk menuju ke halaman regitrasi berikutnya.
Catatan Penting! : Email ini harus anda catat dan simpan karena akan dipakai seterusnya untuk login / mengakses situs afiliasi amazon anda. Apabila anda lupa, email tidak bisa dipulihkan lagi dan anda harus membuat account baru lagi dengan email yang berbeda.
Berikutnya anda akan di bawa ke halaman seperti di bawah ini :

 
Seperti pada tampilan gambar di atas, anda diwajibkan untuk mengisi kolom-kolom isian sesuai dengan peruntukkannya. Pada My name is anda wajib menuliskan nama anda, pada My e-mail address is anda harus mengisikan alamat email anda yang akan dipakai untuk login, pada Type it again anda isikan lagi alamat email anda tadi. Selanjutnya pada Enter a new password  anda wajib mengetikkan kata kunci sesuai dengan yang anda inginkan, pada Type it again anda harus mengetikan lagi kata kunci / password anda tadi. Berikutnya klik Create account.
Di sini anda akan diarahkan ke halaman isian yang lebih lengkap yang berupa data diri anda, seperti pada gambar di bawah ini :
 
Dari kolom isian data pribadi seperti di atas, kali ini informasi yang anda tuliskan akan menjadi informasi penting yang nantinya akan tertulis di cek pembayaran dari Amazon. Jadi untuk nama dan alamat usahakanlah agar sesuai dengan KTP, agar pada saat anda menerima cek dari amazon tidak mengalami kesulitan ketika mencairkannya di Bank. Mengenai website, anda bisa mengisinya dengan alamat website, blog atau bahkan alamat facebook anda. Sekalipun situs anda tersebut masih baru alias masih kosong.

Setelah anda klik Finish, maka, sampai disini anda sudah memiliki account affiliate amazon dan anda berhak untuk menjual semua produk amazon.
Selanjutnya anda akan mendapatkan Associate ID (tracking ID) anda yang pertama. Fungsinya adalah sebagai kode unik anda dalam menjual setiap produk amazon, dan anda akan diberikan pilihan untuk mengisi metode pembayaran komisi anda. Anda dapat mengisinya sekarang atau nanti. Kondisi ini juga bisa dirubah sewaktu-waktu, seandainya anda ingin merubahnya, seperti gambar di bawah ini :
Agar lebih jelas lagi maka Saya akan membahas juga bagaimana cara mengatur metode pembayaran komisi anda.
Terdapat 3 pilihan metode pembayaran, namun untuk member dari Indonesia hanya tersedia 2 pilihan yang memungkinkan dalam menerima komisi tersebut.
Pertama; komisi dibayar dengan gift certificate, artinya anda memiliki semacam deposit di Amazon.com, dan dananya hanya bisa anda pakai untuk berbelanja di Amazon. Jadi anda tidak memerlukan kartu kredit lagi kalau belanja di Amazon.com. Minimal komisi yang bisa didepositkan adalah kalau sudah mencapai jumlah minimal $10.
Kedua; komisi dibayarkan melalui cek amazon,dan hanya dibayarkan apabila komisi anda sudah mencapai nilai minimal $100. Namun Anda bisa merubah jumlah minimal ini sesuai keinginan anda, selama tidak lebih kecil dari jumlah minimum. Lamanya cek yang diterima dari sejak dibayarkan bisa makan waktu sampai 2 bulan.
Jika anda hendak merubah lagi informasi pribadi, metode pembayaran, jumlah minimum pembayaran komisi dan lain-lain, anda bisa mengaksesnya dari halaman keanggotaan anda dengan meng-klik tautan teks / text linkAccount Setting
Nah, untuk pendaftaran associate amazon sudah selesai sampai disini. Langkah selanjutnya adalah memanfaatkan aStore dan Widget Search pada akun afiliasi amazon anda. Untuk kemudian mengintegrasikannya ke dalam page di facebook yang sudah anda buat sebelumnya.
 
Catatan:
Anda bisa membuat 100 associate-id untuk satu account affiliate amazon.
Anda dapat mendaftar ke Amazon Associate berulang kali untuk membuat account baru, selama menggunakan alamat email yang berbeda.


Anda bisa mendapatkan tulisan lengkapnya dari seri tulisan ini dalam bentuk EBook di SINI 

Semoga bermanfaat
Wassalam/huget 

4 komentar:

  1. memang kalo membicarakan seputar bisnis online takan ada habisnya....
    cuman ada gak gan, bisnis online yang gampang diikuti oleh pemula sperti saya ini....

    BalasHapus
  2. klo mau yg gampang gabung aja di komisi gratis ...200% gratis...atau klik

    BalasHapus
  3. sekarang sudah banyak bisnis online yang menjanjikan, tapi adakalanya bisnis yang kita ikuti malah tidak bertanggung jawab, yang terpenting harus cermat dan hati2 dalam memilih bisnis online.

    BalasHapus
  4. Bisnis offline/online pada dasarnya adalah sama, sama-sama diperlukan kerja keras untuk meraih kesuksesan. Tidak ada cara instan untuk meraih sukses, tidak terkecuali dalam bisnis online.

    BalasHapus

Silakan posting komentar anda

◄ Newer Post Older Post ►

Posting Terbaru

 

Copyright 2011 Formula Bisnis Online Gratis | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger Toko Online