21/09/11

Membangun Toko Online dengan Facebook (Seri Toko Online di Facebook)


Rekan netter,
Mulai dalam tulisan ini Saya akan memuat artikel mengenai Cara Mudah Membangun Toko Online dengan Facebook. Sebenarnya tulisan ini semuanya sudah saya bikin E-Booknya dengan judul yang sama dengan posting ini. Anda bisa mendapatkan EBooknya di posting saya terdahulu yang berjudul : Ebook Membangun Toko Online dengan Facebook, jika anda tidak sabar ingin membaca semua isi ebook tersebut. Atau anda bisa mengikuti posting yang akan saya release per bab di blog ini. Monggo disimak... 

Seri 1.
Sekilas Mengenai Toko Online

Toko online adalah sebuah toko yang dibangun secara online di dunia internet. Kalau sebuah toko di dunia nyata memerlukan sebentuk bangunan secara fisik, maka toko online sebagai tempat untuk memasarkan produk, hanya membutuhkan sebuah website.
Sekarang ini sudah semakin banyak produsen yang memanfaatkan media internet untuk memasarkan produknya, salah satunya dengan membangun toko online. Disamping mereka juga masih memiliki toko secara fisik di dunia nyata, para pebisnis ini juga mulai memasarkan produknya melalui toko online. Banyak alasan, salah satunya untuk mengembangkan pasar, karena dengan pemasaran melalui internet, peluang untuk memperbesar pasar akan semakin luas.
Berikut ini adalah perbandingan toko offline dan toko online :

Toko Offline :
-       Biaya yang dikeluarkan relatif mahal bisa sampai puluhan atau ratusan juta rupiah untuk satu toko.
-       Memerlukan tempat khusus untuk mendirikannya.
-       Memerlukan karyawan yang tidak sedikit dalam mengelolanya.
-       Biaya operasional sangat besar seperti listrik, gaji karyawan, telepon dan lain-lain
-       Potensi pasar sangat terbatas hanya di area sekitar toko.
  
Toko Online :
-       Biaya yang dikeluarkan sangat murah bahkan kurang dari satu juta rupiah dan bisa jauh lebih murah apabila anda bisa membuatnya sendiri, anda bahkan sudah bisa memiliki toko online yang menarik
-       Bisa dilakukan dari meja komputer rumah Anda (tanpa perlu tempat atau kantor khusus)
-       Cukup dengan satu atau dua orang sudah bisa mengelola toko online
-       Biaya operasional hanya dari internet dan listrik
-       Potensi pasar menjadi tak terbatas karena bisa diakses di seluruh dunia.

Salah satu contoh toko online yang paling berhasil dan saat ini menjadi yang terbesar di dunia adalah amazon.com. Situs yang didirikan oleh Jeff Bezos ini awalnya hanya berkutat pada penjualan buku sederhan. Ternyata sekarang sudah menjadi supermarket online terbesar di dunia dan sudah memiliki cabang di Inggris, Jepang, Jerman, Perancis, Kanada, China dan Italia . Pada buku ini, kita juga akan memanfaatkan amazon untuk membuat sebuah toko online dan mengintegrasikannya dengan facebook..
Pembuatan situs toko online sendiri, pada saat ini bukanlah hal yang sulit. Sudah tidak seperti dulu yang harus memahami bermacam bahasa pemrograman dan platform web seperti javascript, html, CMS, PHP dan lain sebagainya.


Gambar 1. Halaman Beranda situs Amazon.com
 Bersambung ke Seri 2.....

Semoga bermanfaat
Wassalam/Huget

1 komentar:

  1. kenapa ga coba klik www.onigi.com mas? gratis buka toko online di social media.

    sudah ribuan toko lho...

    BalasHapus

Silakan posting komentar anda

◄ Newer Post Older Post ►

Posting Terbaru

 

Copyright 2011 Formula Bisnis Online Gratis | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger Toko Online