21/09/11

Membangun Toko Online dengan Facebook (Seri 2)

Rekan Netter,
Sebagai kelanjutan dari posting terdahulu mengenai Membangun Toko Online dengan Facebook...., berikut ini saya hadirkan kelanjutan dari tulisan sebelumnya. Monggo disimak...

Seri 2

Memanfaatkan Facebook untuk Toko Online

Sekilas Tentang Facebook
Facebook, siapa yang tidak mengenal situs jejaring sosial ini. Facebook pertama didirikan pada tahun 2004 oleh seorang Mahasiswa Harvard University yang bernama Mark Zuckerberg. Pada awalnya, facebook ini dibuat hanya untuk kalangan terbatas, yaitu untuk mahasiswa Harvard. Di Indonesia, facebook sudah menjadi gaya hidup, hampir bisa dipastikan mulai dari remaja sampai dengan orang dewasa, baik di desa maupun perkotaan sudah tidak asing lagi dengan situs jejaring sosial ini.
Pada saat ini, keanggotaan facebook di seluruh dunia sudah mencapai 500 juta dan masih akan terus bertambah, karena tim facebook sendiri memutuskan untuk berhenti menghitung ketika keanggotaannya sudah mencapai angka ini. Mereka kemungkinan baru akan mengumumkan jumlah keanggotaannya lagi ketika sudah mencapai 1 milyar. Di Indonesia sendiri berdasarkan data terakhir pada tahun 2011 keanggotaan Facebook sudah mencapai 35 juta orang. Bayangkan peluang bisnis yang bisa anda dapatkan dari besarnya jumlah keanggotaan facebook ini.


Gambar 2. Data Sebaran Pengguna Facebook sampai bulan Maret 2011 menurut socialbakers.com

Pada buku ini saya hanya akan membatasi pembahasan mengenai pemanfaatan facebook untuk toko online.
Sebenarnya saat ini sudah jamak para facebooker memanfaatkan situs sosial ini untuk mengiklankan produk. Kebanyakan dengan mengupload foto produk disertai dengan sedikit keterangan mengenai produk dan harga. Ada juga yang menempelkan link situs toko onlinenya pada status facebook. Harapannya, tentu saja agar produknya lebih dikenal dan cepat laku. Padahal facebook sendiri sudah menyediakan tempat tersendiri untuk hal-hal seperti ini, yaitu melalui Page/halaman. Page facebook memang diperuntukkan khusus bagi artis, perusahaan, pebisnis, penerbit, penulis buku dan lain-lain yang ingin memasarkan produk atau merknya sendiri melalui situs ini.

Manfaat Page Facebook
Dibandingkan dengan profil pada facebook, page memiliki kelebihan, dimana tombol like/suka tidak dibatasi seperti halnya tombol like pada profil anggota. Coba anda bayangkan, dengan hanya memanfaatkan tombol like ini, jika ada 10 pengunjung saja melakukan klik sedangkan dari 10 pengunjung tersebut memiliki teman rata-rata 100 orang maka produk anda berpeluang akan dilihat oleh  1000 orang, Bagaimana jika pengunjung yang melakukan klik 1000 orang atau lebih..? Silakan anda hitung sendiri. Jadi dengan tidak dibatasinya tombol like, maka kemungkinan jumlah pengguna facebook yang akan melihat produk anda pasti juga tidak terbatas. Dengan demikian peluang untuk mendapatkan penghasilan dari produk yang anda pasarkan juga akan meningkat jauh lebih besar.

Gambar 3. Tombol Like pada Facebook

Nah disinilah Saya akan menjelaskan bagaimana memanfaatkan page facebook untuk membuka sebuah toko online. Pun, jika anda tidak memiliki produk sendiri untuk dipasarkan. Saya akan memberikan sebuah tips khusus kepada anda agar tetap bisa membangun sebuah toko online dengan memanfaatkan Page ini.

Bagaimana saya bisa membangun toko online tanpa memiliki produk sendiri untuk dijual?
Pertanyaan di atas adalah yang paling sering saya dengar, ketika seseorang memutuskan untuk membangun sebuah toko online. Memang benar, memiliki produk sendiri akan jauh lebih menyenangkan dan mempermudah anda dalam membangun sebuah toko online. Paling tidak anda sudah tidak perlu mencari-cari lagi produk apa yang akan dijual. Tinggal memikirkan strategi pemasaran. Lalu, bagaimana kalau saya tidak memiliki produk sendiri dan juga tidak memiliki kemampuan untuk membuat produk sendiri? Jangan kuatir, karena internet sudah memberikan jawaban dari kekhawatiran anda tadi.
Pada buku ini Saya akan membantu anda step-by-step untuk membangun sebuah toko online dengan memanfaatkan media facebook, tanpa anda harus memiliki produk sendiri. Yaitu dengan cara memanfaatkan program afiliasi yang disediakan oleh supermarket online terbesar di dunia, amazon.com. Dengan menjadi member dari program afiliasi amazon, anda memiliki hak untuk menjual kembali seluruh produk yang dimiliki oleh amazon. Dengan bahasa yang sederhana, anda akan memiliki cabang amazon dengan nama toko yang bisa anda tentukan sendiri..

Darimana kita bisa mendapatkan penghasilan dari program afiliasi amazon ini?
Beberapa bisnis afiliasi memiliki cara yang bermacam-macam untuk memberikan komisi pada afiliatornya. Namun khusus untuk situs Amazon, akan memberikan fee kepada semua afiliator yang berhasil menjual produknya melalui Advertising Fee (biaya iklan) yang besarnya bervariasi tergantung seberapa banyak produk amazon yang bisa anda jual. Untuk mengetahui aturan main program afiliasi ini anda bisa mengunjungi langsung dan membaca selengkapnya di situs asalnya (www.amazon.com).


Gambar 4. logo afilliate program dari amazon.com

Ada beberapa contoh afiliator amazon yang sudah sukses dalam mengembangkan bisnis ini. Beberapa nama yang cukup popular di dunia afiliasi amazon dan sudah berhasil mendapatkan ribuan dollar per bulan dari bisnis ini adalah Vitrie Anwari dan Habibie Afsyah. Beliau-beliau ini di dunia maya dikenal sebagai masternya bisnis afiliasi amazon (anda bisa mencoba mencari di google untuk nama-nama tersebut atau nama-nama lainnya).
Prinsipnya di sini, untuk memulai membangun sebuah toko online tidak harus dengan memiliki produk sendiri. Yang dibutuhkan adalah kemauan untuk memulainya, kerja keras dan mempraktekkan sekarang juga, selesai anda membaca seri tulisan ini. 


Bersambung ke Seri 3....


Anda bisa mendapatkan tulisan lengkapnya dalam bentuk EBook di SINI 


Semoga bermanfaat
Wassalam/huget

1 komentar:

  1. comfortablу Besideѕ the fасt that orgаnism an Amerіcan alгeady pгediѕposеѕ uѕ to be stoutnеss, I meteг and we
    ѕee it hаppеning еѵегy daу,
    whether we realіze it or not. Tantriс Mаssage
    and touch is Ne'er boring various stages of a therapeutical massage, she was a footling surprised at exactly how practically of her organic structure was on exhibit.

    Here is my web site; tantra London

    BalasHapus

Silakan posting komentar anda

◄ Newer Post Older Post ►

Posting Terbaru

 

Copyright 2011 Formula Bisnis Online Gratis | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger Toko Online