27/06/11

Membangun Website Gratis dengan Wordpress (Mengapa Wordpress?)

Seri Toko Online Bab III

Rekan netter sekalian,
Posting ini adalah untuk melanjutkan bahasan mengenai Membangun Toko Online Cuma Modal Online, dimana topik yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai Wordpress. Atau lebih tepatnya kenapa untuk membuat sebuah Situs Toko Online Gratis harus menggunakan Wordpress (Wordpress yang saya maksud disini adalah CMS Wordpress yang menggunakan hosting sendiri / Wordpress.org bukannya Wordpress.com).



Ada beragam alasan yang sebenarnya bisa dijadikan pembenar mengapa harus wordpress. Di sini akan saya coba menguraikan beberapa alasan mengapa saya memilih Wordpress (CMS Wordpress) dan bukannya platform yang lain. Meskipun ada juga platform khusus untuk membangun situs ecommerce semacam osCommerce atau mungkin Joomla dlsb. Tapi banyak webmaster yang tetap memilih wordpress sebagai platform utamanya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa harus wordpress :
  • GRATIS Script-nya 100% Gratis dan Open Source. WordPress bisa gratis karena telah dikembangkan oleh komunitas pengembang di seluruh dunia, yang melakukannya sebagai hobi dan karena mereka mencintai semangat open source. Tidak hanya WordPress itu sendiri yang gratis, tetapi juga sebagian besar theme dan pluggin-nya.
  • AMAN Wordpress relatif Aman dan selalu Update. Sejauh yang menyangkut bisnis online, keamanan merupakan hal yang sangat penting. Jika tidak aman, hal ini merupakan ancaman untuk kelangsungan bisnis online. Untungnya, dalam hal keamanan, WordPress bisa dikatakan adalah yang terbaik.
  • MUDAH Meskipun dengan memakai hosting sendiri, scriptnya sangat mudah diinstal. Bahkan dengan menggunakan Softacolous atau Fantastico anda cukup dengan klik mouse tanpa harus download dan  WordPress langsung bisa berjalan.  Bahkan seseorang dengan hanya sedikit pengalaman pun akan mampu menangani WordPress tanpa atau hanya sedikit bantuan dari profesional.
  • UKURAN KECIL Untuksebuah platform CMS yang lengkap seperti wordpress, ukuran filenya relatif kecil, jadi kalau anda hanya memiliki ruang  20 MB pada Hosting anda, itu sudah cukup untuk WordPress.
  • PENGATURAN MUDAH semua bisa dilakukan hanya dengan Online, tanpa harus meninggalkan wp-admin (Dashboard), tanpa perlu tahu FTP, Cpanel, dll. Ada ribuan theme dan pluggin yang dapat dipilih sesuai keinginan kita.
Tidak cukup sampai di situ ada lagi beberapa hal yang membuat wordpress berbeda dengan platform yang lain.
    • Theme yang sangat banyak dan bervariasi, Gratis dan selalu Update dan Fresh.
    • Pluggin adalah ciri khas wordpress yang beraneka ragam dan mudah sekali di pasang (cukup dengan klik). Untuk menambah fitur pada WP bahkan orang awam dengan kemampuan pemrogram web yang minimal sekalipun akan tetap bisa dengan mudah mengelola fitur pada Wordpress.
    • Menggunakan standar pemrograman Web.
    • Sangat mudah di Upgrade ke versi terbaru, cukup dari menu di Dashboard.
    • Komunitas yang besar. Banyak forum online yang membahas tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan WordPress. Jadi apabila anda memiliki masalah dengan platform wordpress, semua jawaban bisa dengan mudah anda dapatkan dari berbagai sumber di internet.
    Bisa dikatakan apabila kita membahas mengenai kelebihan wordpress dibandingkan dengan platform yang lain bisa jadi tidak akan ada habisnya. Sekelumit gambaran di atas sepertinya sudah cukup untuk menjadi pertimbangan mengapa Saya lebih memilih Wordpress untuk membuat situs toko online gratis.

    Posting selanjutnya untuk melanjutkan bahasan mengenai Membangun Toko Online Gratis ini adalah mengenai  Membuat dan Menentukan Domain Gratis untuk Toko Online

    Semoga Bermanfaat
    Wassalam/Huget

    Source : 
    - http://imm.web.id/2010/03/mengapa-wordpress-cms-sangat-luar-biasa/
    - http://belajarblogger.wordpress.com/2010/05/08/alasan-mengapa-wordpress-terbaik-untuk-bisnis-online/
    Image Source :
    - http://itmove.wordpress.com

      1 komentar:

      Silakan posting komentar anda

      ◄ Newer Post Older Post ►

      Posting Terbaru

       

      Copyright 2011 Formula Bisnis Online Gratis | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger Toko Online