10/05/11

Menentukan Nama Domain Toko Online dan Menentukan Produk yang Akan Dijual

Seri Toko Online Bab II
Rekan Netter Sekalian,
Sebagai kelanjutan dari tulisan sebelumnya (Membangun Toko Online Cuma  Modal Online), berikut ini akan saya bagikan informasi mengenai Tips menentukan domain untuk sebuah toko online dan sekalian menentukan produk untuk dijual di toko online tersebut, seperti janji saya pada tulisan sebelumnya.

Pada dasarnya, penentuan sebuah nama sebuah domain, apalagi jika untuk sebuah situs bisnis semacam toko online, bisa didapatkan dengan cara riset keyword.


Yang jadi pertanyaan bagi kebanyakan netter pemula bisnis di internet/newbie adalah, bagaimana cara riset keyword ini?
Karena kebanyakan pencarian di internet mayoritas adalah melalui google, maka kita bisa memanfaatkan beberapa tool yang disediakan oleh google.
1. Pertama anda bisa buka https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal kemudian anda akan diarahkan menuju ke halaman seperti gambar di bawah. Selanjutnya, anda bisa login dengan menggunakan akun gmail yang anda miliki.


2. Selanjutnya anda bisa mengetikkan kata kunci di kolom keyword dengan satu kata kunci perbaris sesuai dengan pilihan anda (kata kunci sebaiknya yang mencakup isi produk toko online anda), misalnya Iphone, photography, mp3, dan seterusnya. Seperti gambar di bawah, saya ambil contoh keyword photography :
3. Setelah anda isikan kode captja untuk filter SPAM, selanjutnya klik get keyword. Tidak berapa lama akan muncul variabel kata kunci yang berhubungan dengan kata kunci yang anda ketikkan tadi. Seperti gambar di bawah ini.

4. Secara default akan muncul 3 kolom tampilan sebagai berikut :
  • Advertiser Competition: Seberapa ketat persaingan anda dengan situs lain untuk keyword yang ada di sebelah kiri. Semakin "hijau" berarti semakin ketat persaingannya. Saran saya, anda cari yang tidak terlalu ketat. 
  • Local Search Volume: Jumlah "search" atau pencarian pada bulan tertentu. Pada gambar di atas tertulis "December" berarti jumlah pencarian keyword tersebut pada bulan Desember. Anda harus mencari keyword yang cukup banyak dicari orang.
  • Global Monthly Search Volume: Rata-rata pencarian setiap bulannya.
5. Nah dari sekian banyak variabel keyword yang muncul yang berhubungan dengan photography tersebut anda bisa mencari kata kunci yang persaingannya tidak terlalu ketat. Kenapa tidak terlalu ketat yang dipilih? Hal ini berkaitan dengan tingkat persaingan dari situs anda untuk muncul di mesin pencari. Karena dengan semakin sedikit tingkat persaingannya, maka akan membuat situs kita tersebut memiliki kesempatan yang lebih mudah untuk tampil di halaman pertama mesin pencari. Lalu bagaimana caranya..? Anda bisa langsung klik salah satu variabel kata kunci atau copy/paste ke google.com. Nah menurut saya, apabila hasil pencarian kurang dari 5 juta pencari, maka itu bisa anda gunakan sebagai nama domain anda (Apabila hasil pencarian ternyata lebih dari itu namun anda merasa yakin, anda bisa gunakan itu sebagai nama domain anda) .

 6. Selain hal tersebut di atas, masih ada lagi satu tool yang bisa anda manfaatkan untuk menentukan domain anda, yaitu dengan menggunakan tool "google global extension" yang bisa anda install di Browser Google Chrome anda (anda bisa ketikkan nama extension di atas di mesin pencari google lalu install).  Tool ini fungsinya adalah untuk melihat seberapa banyakkah pencari dengan menggunakan kata kunci yang anda ketikkan yang berasal dari negara lain (contohnya: Amerika, Kanada, Australia dll).

Perhatikan juga tanda panah merah pada gambar di atas, dengan menggunakan contoh kata kunci digital photography pada google.com ternyata muncul juga iklan dari google (tanda panah). Prinsipnya dengan semakin banyak iklan yang muncul di bagian kanan halaman mesin pencari berarti kata kunci tersebut memiliki nilai yang cukup tinggi dari sisi bisnis karena logikanya adalah pengiklan hanya mau meletakkan iklannya pada halaman di mana  user benar-benar menjadi pencari yang produktif, yang tidak semata-mata hanya mencari saja. Sehingga bisa menguntungkan pengiklan.

Prinsipnya disini adalah dalam menentukan sebuah nama domain atau produk yang ingin anda jual di toko online, usahakanlah agar sesuai dengan minat anda atau hal yang sudah anda pahami, misalnya kalau anda memiliki hobi photography, anda bisa mulai menjual produk yang berhubungan dengan hobi anda tersebut, contohnya adalah dengan menjual produk: asesoris camera, buku photography, camera bawah air dan seterusnya. Tentu saja harus tetap mencari keyword yang memungkinkan dengan cara riset keyword seperti yang sudah disebutkan di atas. Dengan demikian, membangun sebuah toko online apabila disesuaikan dengan hobi akan jauh lebih menarik dan menyenangkan.

Wassalam
Semoga bermanfaat/HUGET

Sumber :
http://sumbertips.blogspot.com/2010/10/tips-mencari-keyword-mahal-untuk.html
http://buat-website-yuk.blogspot.com

2 komentar:

  1. terimakasih infonya...ijin copy wat referensi....ya gak seperti sekedar copy...aku seorang penuis yang berusaha mengutip dengan baik

    BalasHapus

Silakan posting komentar anda

◄ Newer Post Older Post ►

Posting Terbaru

 

Copyright 2011 Formula Bisnis Online Gratis | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger Toko Online