09/04/11

Bagaimana Cara Blogger Menghasilkan Uang Dari Blog Mereka?

Rekan Netter sekalian,
Berikut ini akan saya bagikan informasi mengenai beberapa cara yang dipakai oleh blogger untuk menghasilkan uang dari blogging. Silakan disimak...


Berikut ini adalah beberapa aliran penghasilan dari para Blogger

Program Periklanan - Beberapa perubahan yang paling jelas akahir-akhir ini adalah dengan adanya penambahan berbagai pilihan iklan yang layak untuk blogger yang ingin menghasilkan uang dari blog mereka.
Cara yang paling umum bagi para blogger untuk mendapatkan uang secara online salah satunya yang paling populer adalah melalui program iklan kontekstual dari Google-Adsense. Saat ini ada banyak alternatif lain lagi seperti menggunakan Chitika eMiniMalls dan WidgetBucks, Text Link Ads. dan masih banyak lagi program PPC yang bisa diikuti oleh para Blogger. 

RSS Periklanan - Pada saat ini telah terlihat beberapa kemajuan di RSS Periklanan. Namun sampai saat ini belum terdengar ada blogger yang bisa menghasilkan uang sangat besar melalui ke jalan ini - tetapi mungkin ini hanya soal waktu saja.

Sponsor - Selain berbagai program periklanan (PPC) yang tersedia untuk bergabung ada kesadaran yang tumbuh dalam bisnis nilai dan kesempatan yang ada bagi mereka untuk beriklan langsung di blog. Pada saat ini sudah banyak blogger yang mulai membuka blognya untuk menerima iklan secara langsung dan tentu saja para sponsor yang bersedia mengiklankan produk di blog yang ditawarkan akan melihat dari beberapa hal, terutama terkait dengan traffic blog, konten blog dll. Sponsor juga terjadi pada posting yang berisi review dari produk pihak pengiklan, dimana blogger dibayar untuk menulis mengenai topik-topik tertentu oleh sebuah perusahaan - dan mereka mampu menghasilkan uang dalam jumlah yang besar dari blog mereka dengan melakukan hal ini. Cara ini dalam dunia blogger lebih dikenal sebagai Paid to Review/PTR atau dibayar untuk menulis suatu produk berdasarkan pesanan. Ada banyak situs penyedia PTR yang bertebaran di dunia maya.

Affiliate Program - Ada beberapa program afiliasi yang besar seperti Amazon, LinkShare, Clickbank dan Commission Junction tetapi juga ribuan lainnya dari yang besar sampai ke yang sangat kecil. Program afilliasi ini adalah salah satu yang favorit dari Blogger, karena memberikan penghasilan rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan lainnya. Anda bisa lihat salah satu contoh blog untuk affiliate program DI SINI

Digital Aktiva - Meningkatnya jumlah blogger telah mengembangkan aset digital lain untuk mendukung dan menambah aliran pendapatan ke blog mereka. Pada saat ini semakin banyak terlihat e-book, atau kursus dan seminar online yang dijalankan oleh blogger. Sepertinya, jenis program ini akan lebih meningkat di masa depan yang dijalankan oleh para blogger.

Peluang Jaringan Blog  - dengan kenaikan popularitas Jaringan Blog - blogger menyediakan lebih banyak tempat untuk mendapatkan penghasilan dari blog mereka - dengan menulis untuk dan dengan orang lain. Sementara itu mungkin sulit untuk mendapatkan tempat menulis dengan salah satu jaringan yang lebih besar - ada banyak yang selalu meminta blogger baru untuk bergabung dan yang bersedia membayar blogger menggunakan berbagai model pembayaran.

Peluang Bisnis Menulis Blog - sebagai dampak dari peningkatan blogging, banyak dari perusahaan memiliki staf internal yang mengambil tugas untuk blogging - tetapi semakin banyak dari mereka yang mempekerjakan blogger spesialis untuk datang dan menjalankan blog mereka. Banyak perusahaan yang menyewa jasa para blogger tersebut untuk menulis sesuai dengan yang diinginkan oleh penyewa.

Sumbangan / Donasi - Tombol/widget donasi (yang populer adalah dari paypal) pada sebuah blog ternyata bisa memberikan banyak penghasilan bagi para blogger. Apabila anda memiliki konten yang benar-benar unik dan sangat dibutuhkan oleh pembaca, tentu pengunjung blog anda tidak akan segan-segan untuk memberikan donasi kepada blog anda. hal ini telah dibuktikan oleh Jason Kottke dari kottke.org yang dengan kemurahan hati para pembacanya dia bisa berhenti dari pekerjaannya dan menjadi blogger purna waktu.

Flipping Blogs - Praktek 'Blog flipping' - atau lebih dikenal sebagai penjualan blog. Hal ini terjadi baik pada tingkat blog individu (saya bisa memikirkan sekitar 20 blog yang dijual tahun ini), tetapi juga pada tingkat jaringan (yang paling jelas dari penjualan Weblogs Inc kepada AOL). Tentu saja blog yang layak untuk diperjualbelikan adalah blog yang sudah memenuhi beberapa kriteria seperti popularitas, traffic dan lain sebagainya.

Merchandising - apabila anda memiliki sebuah blog yang sangat populer, maka upaya terbaru adalah dengan menjual merchandise seperti T-shirt, mug yang terkait dengan tema dari blog anda. Bagi beberapa blogger cara ini ada yang berhasil dilakukan, tapi tentu saja tergantung juga kepada tingkat popularitas dari blog anda baik itu di dunia maya maupun nyata. Ada informasi dari salah satu blog largish yang bisa menghasilkan lebih dari $ 20.000 dalam menjual merchandise blog mereka pada tahun 2005.

Blog Konsultan - Meskipun telah populer konsultan yang didirikan untuk bisnis namun pada saat ini semakin banyak pula blogger yang menawarkan jasa konsultan pada blog mereka. Ternyata Blogging memiliki kemampuan untuk menetapkan orang sebagai ahli pada niche topik dan kita semua tahu nilainya karena dianggap sebagai ahli. Ada blogger yang memberikan biaya lebih dari $ 200 per jam untuk berbicara dan berkonsultasi mengenai pekerjaan - area keahliannya adalah sesuatu yang ia tahu sedikit pada 18 bulan lalu - tetapi melalui blog-nya dia bisa menjadi pemimpin dalam bidangnya dan selebriti kecil di dalam industrinya pada saat ini di dunia maya.

Seiring waktu dan dengan semakin pesatnya perkembangan internet, ada berbagai macam cara dari blogger untuk menghasilkab uang dari blog mereka.

Semoga bermanfaat
Wassalam/Huget

Pustaka : Problogger.net, postthai.blogspot.com, niftyprediction.blogspot.com

3 komentar:

  1. informasi yang mantaap..ane juga lagi ngejajal bisnis PTC yang katanya lagi ngetren..menggunakan media blog ( alat promosi aja )

    BalasHapus
  2. keren gan...

    disini juga ada gan,,,
    http://jeprianta-langkahkita.com

    klo mau join ke sini aja gan
    http://www.rumahklik.com/?r=langkahkita

    BalasHapus
  3. thanks atas infonya,koment balik ya gan di
    http:/www.arifdrago.blogspot.com

    BalasHapus

Silakan posting komentar anda

◄ Newer Post Older Post ►

Posting Terbaru

 

Copyright 2011 Formula Bisnis Online Gratis | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger Toko Online